“Perdamaian dimulai dengan toleransi dan rasa hormat terhadap sesama.”Sebuah pepatah yang menggambarkan cara kerja toleransi di dunia. Dengan adanya globalisasi, dunia yang kita kenal ini menjadi sebuah tempat yang sangat sempit. Beragam budaya keluar dan masuk dalam negri. Oleh karena itu, toleransi di abad yang modern ini sangat penting. Mengapa?

Melihat dari sisi lain

Mendengar konflik atau pengalaman orang lain dapat membuat kita melihat sisi lain dari cerita yang sangat berbeda. Ketika kita membandingkan pergulatan yang kita alami dengan yang orang lain alami, kita bisa memahami satu sama lain. Sehingga, dengan memiliki toleransi yang tinggi, kita dapat memperluas perspektif kita begitupun sebaliknya.

Manfaat dari luasnya perspektif kita antara lain lebih mudah memahami perasaan orang lain dan mengubah cara kita melihat masalah-masalah yang ada maupun orang lain.

Misalnya, ketika kita dihadapkan pada masalah dalam masyarakat yang berbau agama, kita akan cenderung berpikir lebih dalam sebelum mengambil sebuah keputusan atau tindakan.

Memperluas zona nyaman

Selain memperluas perspektif, bertemu orang yang berbeda kepercayaan dan budaya dapat memperluas zona nyaman kita.

Apa itu zona nyaman? Zona nyaman adalah ketika kegiatan dan kelakuan kita membuat sebuah pola yang meminimalisir risiko. Dengan menghadapi perbedaan budaya dan kepercayaan, kita akan menjadi lebih toleran menghadapi perbedaan. Alhasil, zona nyaman kita lebih luas dan kita lebih mudah beradaptasi.

Contohnya, ketika kita travelling ataupun berpergian jauh, kita akan bertemu dengan budaya-budaya baru yang mungkin belum pernah kita lihat sebelumnya. Dengan memiliki toleransi yang tinggi terhadap perbedaan budaya, kita akan lebih mudah merasa nyaman di berbagai situasi.

Apakah memperluas zona nyaman penting? Tentu, kita bisa menjadi lebih produktif, lebih toleran menghadapi perbedaan dan perubahan, lebih kreatif dan inovatif, dan lebih mudah melampaui batasan-batasan di masa depan.

 Menjadi rakyat dunia

Indonesia adalah negara yang sangat beragam, meskipun begitu, Indonesia merupakan hanya sebagian kecil dari dunia kita yang luas. Kita semua adalah rakyat Indonesia dan juga rakyat dunia. Sehingga, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk berkontribusi bagi dunia. Tentu, dibutuhkan toleransi untuk berkontribusi pada dunia yang sangat beragam.

Apa itu rakyat dunia? Rakyat dunia adalah seseorang yang diidentifikasi sebagai bagian dari komunitas dunia yang baru muncul dan tindakannya yang berkontribusi untuk membangun nilai dan praktik dalam komunitas tersebut.

Bagaimana cara menjadi rakyat dunia? Mulai dengan mengetahui cara kita berkontribusi dan terlibat dalam organisasi nasional dan internasional.

Kaya akan pengalaman hidup

Pada dasarnya, tujuan toleransi pasti selalu baik. Dengan bertoleransi, seseorang akan lebih terbuka terhadap banyak pilihan. Sehingga, seorang akan memperoleh lebih banyak pengalaman berharga dalam hidup.

Di dunia yang modern ini, kadang pengalaman lebih berharga daripada uang. Pengalaman menjadi sebagian identitas dari diri kita. Kita bukanlah apa yang kita miliki, melainkan sebuah akumulasi semua hal yang telah kita lakukan.