Sumber foto: SabangMerauke

Adalah Apipa, seorang Adik SabangMerauke (ASM) beragama Islam dari Kalimantan Barat. Selama mengikuti program SabangMerauke, ia tinggal di rumah keluarga Raymond Lim, seorang keturunan Tionghoa beragama Kristen.

Sebelumnya, Apipa punya prasangka terhadap orang Kristen. Ia takut luar biasa.

Tetapi, kasih sayang yang tulus menghapus ketakutan Apipa. Keluarga Pak Raymond menyediakan makanan halal untuk sahur dan berbuka puasa, mencarikan arah kiblat di kamar Apipa, dan mengantarkan Apipa ke masjid.

Dua Sembahyang Pagi

Ada pula kisah Chandra asal Bantas, Bali yang tinggal di rumah Pak Arif dan Ibu Purwaningrum, Famili SabangMerauke (FSM) yang beragama Islam. Chandra terbangun di pagi hari karena mendengar suara azan dari masjid.

Di kampung halamannya, lokasi masjid tergolong jauh sehingga ia tak pernah mendengar azan sepagi itu. “Saya baru tahu ternyata ada salat yang dilakukan pagi sekali,” kata Chandra.

Namun Chandra tidak melanjutkan tidurnya. Ia segera mandi dan mengganti pakaian tidurnya dengan kebaya putih untuk bersiap sembahyang pagi, sesuai agama yang ia anut yakni Hindu. “Karena melihat Chandra, saya juga baru tahu ada sembahyang pagi bagi umat Hindu,” kata Arif.

Suasana damai sembahyang pagi dan salat subuh tersebut bisa terjadi karena perjalanan panjang. Sebelumnya, baik Chandra maupun keluarga Pak Arif sama-sama cemas dengan perbedaan yang akan terjadi di rumah tersebut.

Namun kekhawatiran Chandra dan keluarga Pak Arif nyatanya terkikis oleh keinginan saling belajar. Chandra sangat menghargai ketika keluarga Pak Arif meminta pendapat mengenai pura yang ingin ia kunjungi untuk beribadah.

Ketika Apipa, Chandra, dan puluhan peserta SabangMerauke lainnya pulang ke keluarga sebenarnya masing-masing, mereka akan membawa pengalaman langsung indahnya toleransi. Toleransi yang tak hanya mereka baca di buku, tapi keindahan toleransi yang mereka alami sendiri.

(Sumber artikel : SabangMerauke)

Baca Juga:
Bush dan Si Pria Gondrong
Berjalan Kaki Sambil Menjamah Ragam Wajah Jakarta