Manusia ditakdirkan berbeda-beda, tapi seringkali kesadaran itu terasa sulit diterima. Tidak perlu malu jika Anda sendiri dalam keseharian lebih memilih untuk bergaul dengan teman-teman yang misalnya berasal dari satu daerah, atau datang dari status sosial yang sama

Manusia memang punya kecenderungan untuk “berkumpul” dengan yang mereka anggap sesamanya. Nah daripada mencari perbedaan, mengapa kita tidak mencari persamaan satu sama lain?

Ada beberapa iklan yang menarik untuk disimak karena punya muatan sehat menumbuhkan kesadaran, bahwa manusia memang diciptakan berbeda-beda. Iklan ini tentu tak sekadar mencoba memperkenalkan produk mereka, tapi disertai misi soal toleransi—yang seolah sepele tapi perlu diingatkan terus menerus.

  • TV2 Denmark – All That We Share

Iklan saluran televisi Denmark ini berhasil menjembatani perbedaan dengan begitu mengena dan sangat berkesan. Pada sebuah ruangan dengan kotak yang sudah tergambar di lantai, masuklah kelompok demi kelompok menempati tiap kotak.

Dalam iklan tersebut terlihat perbedaan yang mencolok, antara para imigran yang baru datang ke Denmark, mereka yang tidak pernah ke luar Denmark, mereka yang dihindari masyarakat karena tampilan seram, para pekerja sosial, dan masih banyak lagi—semuanya dipisahkan dengan kotak.

Lalu muncul seseorang dengan pertanyaan-pertanyaan, Misalnya saja, “siapa yang suka menari?”, “siapa yang pernah melihat UFO?” Hingga ke pertanyaan yang cukup personal, seperti “siapa yang pernah di-bully?”, “siapa yang merasa kesepian?”.

Mereka yang merasa pernah, satu per satu keluar dari kotak dan melebur jadi satu. Menarik melihat bahwa ternyata ada banyak persamaan yang bisa menyatukan. Salah satunya ketika ditanya, “siapa yang mencintai Denmark?” di akhir video, dan semua keluar dari kotak-kotak yang memisahkan. Buat yang mudah terharu, siap-siap tisu!

  • Coca-cola Small World Machines – Bringing India and Pakistan Together

Perlu diakui, minuman bersoda satu ini selalu lihai membuat iklan yang berkesan dan punya muatan sosial yang positif. Salah satunya adalah iklan yang mempersatukan dua negara yang sering bersitegang, India dan Pakistan.

Bagaimana caranya? Dalam iklan, Coca-cola memasang vending machine di salah satu sudut kota di India dan Pakistan. Untuk mendapatkan sekaleng coca-cola, warga yang ada di India dan yang ada di Pakistan harus saling menempelkan tangan di layar di saat bersamaan. Bahkan mereka bisa saling menyapa, menggambar, dan menari bersama.

Baca ini: Bermaknanya Dongeng Negeri Pelangi.

  • Amazon Prime

Satu lagi iklan yang menghangatkan hati tentang persahabatan dua pemuka agama, seorang imam dan pastor dihadirkan perusahaan jual beli online, Amazon tahun 2016 lalu. Iklan ini berhasil diperbincangkan karena berhasil menyentuh topik toleransi. Iklannya hanya berdurasi 1 menit 20 detik, silakan Anda tonton sendiri.

  • Cbeebies – Everyone’s Welcome

Bagaimana anak-anak melihat perbedaan? Ternyata tidak terduga, tidak seperti yang dibayangkan orang dewasa. Itulah yang termuat dari iklan program anak-anak di Inggris, Cbeebies.

Dalam video mereka, diperlihatkan sepasang anak yang terlihat berbeda. Entah itu dari urusan tinggi badan, gaya hingga ras. Lalu mereka ditanya, “apa yang membuat kalian berbeda satu sama lain?”

Anda mungkin akan menebak, mereka akan menjawab dari penampilan fisik mereka. Rupanya tebakan meleset, mereka punya jawaban sendiri. Ada yang bilang kesukaan makanan mereka berbeda, daerah rumah mereka berbeda, hingga hobi mereka berbeda. Seperti moto mereka, “when it comes to difference, children see things differently.”

 

Artikel lainnya:
Cara yang Patut Dicoba untuk Membuat Temanmu Lebih Toleran
Berjalan Kaki Sambil Menjamah Ragam Wajah Jakarta