Gerkatin (Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia) awalnya didirikan dengan menghimpun empat organisasi tunarungu di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Gerkatin didirikan 23 Februari 1981 di Jakarta, dan sekarang sudah memiliki 28 Dewan Perwakilan Daerah, dan 69 Dewan Pengurus Cabang.

Gerkatin bertujuan memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan bagi teman-teman tuli. Terdapat empat fokus utama aktivitas Gerkatin, yaitu sebagai jembatan kemitraan, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang tuli, memberikan perlindungan dan advokasi hak-hak tunarungu, serta melakukan pemberdayaan bagi teman-teman tuli.

Sebagai wujud nyata dari empat fokus utama tersebut, Gerkatin banyak membuat aktivitas yang melibatkan kelompok tuli dan masyarakat. Salah satu kegiatan yang pernah dibuat adalah belajar bahasa isyarat gratis yang diinisiasi oleh Gerkatin Jawa Barat.

Baca juga profil: Sekolah Multikultural, Teladan Bagi Indonesia

Memupuk Kepercayaan Diri

Pelatihan bahasa isyarat gratis ini didasari kenyataan bahwa kondisi fasilitas publik belum ramah terhadap orang dengan difabilitas. Dengan mengadakan pelatihan ini, Gerkatin berharap publik semakin mengerti pentingnya inklusivitas dalam masyarakat, dan memupuk rasa kepercayaan diri teman-teman tuli dalam berinteraksi dengan masyarakat.

Tak hanya di Jawa Barat, Gerkatin Solo juga mengadakan kolaborasi keren dengan Deaf Volunteer Organization dan membuat aktivitas pentas teater di Taman Budaya Jawa Tengah. Kerjasama dua organisasi ini juga menghasilkan pelatihan bagi fasilitator-fasilitator tuli.

Kedua akitvitas ini didasari dari keinginan kedua organisasi untuk membuka akses bagi masyarakat agar dapat mengetahui lebih jauh mengenai budaya tuli. Aktivitas ini juga membantu para pengurus organisasi untuk saling belajar dalam mengembangkan organisasi masing-masing.

Meski telah banyak aktivitas yang dilakukan, Gerkatin ingin terus konsisten dalam mendukung terciptanya masyarakat yang lebih inklusif, dan memperhatikan kebutuhan kelompok difabel.

Meski bergerak di bidang hak tuli, Gerkatin juga mendukung seluruh organisasi untuk menyuarakan hak-hak difabel. Gerkatin berharap masyarakat bisa membuka ruang bagi teman-teman difabel dalam mengembangkan diri mereka dan menjadi bagian dari masyarakat.

Sumber foto: Instagram Gerkatin