Organisasi ini awalnya didirikan oleh empat anak muda pada Agustus 2012. Widharmika Agung, Zaky Prabowo, Retha Dungga, dan Ari Awan.

Mereka menginginkan adanya ruang bebas sebagai pertemuan antara organisasi atau komunitas dengan publik, terutama bagi mereka yang sesungguhnya ingin turut membantu aktivitas yang diusung oleh organisasi tersebut.

Dari keyakinan bahwa banyak sekali orang yang ingin melakukan aksi baik, lahirlah Indorelawan sebagai ruang pertemuan bagi mereka.

Indorelawan secara konsisten mengajak masyarakat untuk menjadi relawan di bidang yang mereka sukai. Per Mei 2017, Indorelawan.org telah memfasilitasi 36.264 relawan dan 1.092 aktivitas, dan angka ini masih terus bertambah.

Membantu Komunitas Lain

Ribuan orang yang telah bergabung dalam komunitas pilihan mereka lewat Indorelawan mendapatkan banyak pembelajaran lewat aktivitas yang telah mereka ikuti. Dari sini, para relawan belajar bahwa berbagi dan termotivasi untuk ikut melakukan aksi baik.

Komunitas-komunitas yang masuk melalui Indorelawan merasa terbantu karena langsung dapat terhubung dengan orang-orang yang dapat membantu mereka.

Banyaknya jumlah komunitas dan beragamnya sektor kegiatan membuat komunitas kerap sulit mencari orang-orang yang memang ingin membantu atau memiliki kepedulian di bidang yang sama.

Dengan hadirnya Indorelawan, lingkaran ini semakin diperluas. Indorelawan menargetkan 150,000 orang relawan dan 1,000 organisasi bergabung bersama Indorelawan per 2020 nanti.

(Foto: Indorelawan)

 

Profil lainnya:
Sekolah Multikultural, Teladan Bagi Indonesia